Sukses dengan Menulis

Pertanyaan apakah dengan menjadi penulis dapat membuat kita sukses? Pertanyaan yang tak mudah dijawab. Pertanyaan yang tentu juga bergantung dari apa definisi sukses menurut kita. Yang paling gamblang tentu sukses yang dimaksud adalah sukses secara finansial. Sehingga pertanyaannya menjadi 'bisakah kita kaya dengan menjadi penulis?' Saya jawab, sangat bisa. Ada banyak penulis yang sangat sukses secara finansial dilihat dari jumlah penjualan bukunya saja bisa dikira-kira berapa besar royalti didapatkan penulisnya. Ambil contoh penulis Andrea Hirata yang novel Laskar Pelanginya konon telah menembus 1 juta eksemplar, diterjemahkan ke lebih dari 18 bahasa bahkan sampai diangkat di layar lebar. Atau sebut saja penulis kenamaan dunia, Paulo Celho, yang konon bukunya terjual sampai belasan juta eksemplar. Itu baru penulis buku.
Jika bicara lebih luas lagi, penulis blog alias blogger, kita akan menemukan lebih banyak lagi mereka yang sukses juga. Darren Rowse, pemilik problogger.net, memiliki penghasilan 6 digit atau ratusan ribu dolar. Saya sendiri pernah kenal blogger lokal yang per bulan-nya berpenghasilan sampai 8 ribu US dolar..
Tapi, sekali lagi saya tekankan bahwa kesuksesan tergantung dari definisi masing masing orang tentang sukses itu sendiri. Kalau ukuran yang anda pakai adalah finansial maka angka-angka di atas mungkin cukup menjadi gambaran. Tapi jika sukses menurut bukan itu, atau paling tidak bukan hanya itu satu satunya, maka kita akan lanjutkan pembicaraan ini sedikit melebar tentang hal itu.

Comments

Popular posts from this blog

Eksis

IHT Pemanfaatan Blog Untuk Pendidikan