Liputan Tabloid PULSA dan NewsPonsel

Ramadhan kali ini saya mendapati ada beberapa media cetak yang mempublikasikan beberapa aplikasi ponsel yang pernah saya buat. Sedikitnya ada dua tabloid yang memuat aplikasi saya, yaitu Tabloid Pulsa dan NewsPonsel. Hanya saya agak sedikit kurang ‘nyaman’ dengan liputan-nya Tabloid Pulsa. Di sana dituliskan ada kumpulan aplikasi-aplikasi ponsel yang bisa didownload yang menurut saya agak ‘mengaburkan’ tentang siapa yang membuat aplikasi ybs. Menurut saya tabloid PULSA perlu lebih hati-hati lagi mengutip sumber. Di artikel tersebut, Tabloid Pulsa merujuk ke beberapa blog yang berisi link ke aplikasi-aplikasi yang dapat didownload. Perlu diingat bahwa blog merupakan media yang relatif ‘kurang cukup kredibel’ untuk dirujuk sebagai sumber apalagi oleh media se-kelas tabloid PULSA, mengingat orang bisa menulis apapun di blog. Pada tulisan Pulsa ini pihak pengembang aplikasi malah agak kurang ditonjolkan dan cenderung dapat merugikan pengembang asli nya. Lucunya, setelah saya cek, blog yang dimuat pulsa tersebut ternyata mengambil sumbernya dari blog saya ini. Pertanyaannya kenapa malah bukan blog saya yang ditampilkan (secara saya yang membuat aplikasi tsb :-( ).

Sebenarnya boleh-boleh saja blog menjadi pintu awal untuk melakukan pencarian informasi, tapi setelah ditemukan sumber asli hendaknya sumber asli tersebut yang dijadikan rujukan resmi. Sebagai misal ketika mencari aplikasi ponsel, kita dapat saja mengikuti link yang dimuat di blog, tapi ketika menemukan aplikasi ybs hendaknya dilihat apakah ada link dari pengembang asli (saya biasanya menampilkan alamat web saya di aplikasi yang saya buat). Ketika aplikasi diulas ya sumber asli itu yang ditampilkan.

Saya berharap PULSA dapat lebih jeli lagi deh.

Comments

Popular posts from this blog

Eksis

IHT Pemanfaatan Blog Untuk Pendidikan